Rakor 3 Pilar Penanaman Komoditi Massal Di Pedesaan

pewarta-madiun.net, Kediri – Inisiatif untuk menurunkan harga cabai lokal dipasaran ,dilakukan Koramil 15/Kandangan bersama Polsek Kandangan dan Kecamatan Kandangan, dengan mengundang seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri, siang ini. Rapat koordinasi tersebut membahas regulasi penanaman beberapa komoditi pangan, seperti cabai, bawang dan sayur-sayuran, tetapi untuk tanaman cabai dalam ruang lingkup prioritas utama. Sebagai pembicara utama pada rakor tersebut, Danramil Kandangan, Kapten Czi Kustoyo, Camat Kandangan, Sunar Utomo, dan Wakapolsek Kandangan ,Iptu Sukamto, selasa (11/01/2017)

 

Camat Kandangan sebelumnya memberikan gambaran kondisi pertanian yang ada di Kecamatan Kandangan pada khususnya dan Kabupaten Kediri pada umumnya, dalam hal ini berkaitan dengan fungsi tanam lahan pertanian saat ini. Sebagian besar para petani saat ini menanam padi, jagung ,serta secara berkelanjutan tanaman ketela dan tebu, hal tersebut menjadikan komoditi seperti cabai dan tomat sangat jarang ditanami pada saat musim penghujan sekarang ini. Kendala utama dari penanaman sayur-sayuran lebih cenderung kearah musim penghujan yang saat ini masih berjalan, bukan karena keterbatasan benih atau lahan pertanian.

3

Kapten Czi Kustoyo juga menghimbau, agar seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Kandangan ,mendorong warganya masing-masing, untuk menyisihkan sebagian lahan pertaniannya untuk ditanami cabai, tomat atau bawang, sehingga harga komoditi pangan tersebut bisa ditekan dalam bulan-bulan berikutnya atau ketika musim panen tiba. Disamping itu, harga-harga komoditi seperti cabai saat ini ,meroket melebihi batas kewajaran harga jual di pasaran, dan hal tersebut perlu dilakukan inisiatif pengembangan budidaya tanaman pangan disekitar rumah warga yang kebetulan memiliki lahan yang ideal.

 

Iptu Sukamto memberikan masukan, agar daya serap komoditi seperti cabai, tidak hanya terpaku atau mengandalkan hasil produksi diluar Kecamatan Kandangan saja, tetapi juga harus ditingkatkan di Kecamatan Kandangan sendiri. Selain itu, kesadaran para petani sangat penting diberikan oleh Kepala Desa masing-masing, terkait melambungnya harga cabai di pasar-pasar tradisional.( pendim0809 )

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *